Dua Partai Terancam tak Lolos di 2024, Pengamat Bilang Karena Kehilangan Tokoh

survei terbaru

topmetro.news – Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS menyoroti hasil survei terbaru dari New Indonesia Research & Consulting.

Fernando blak-blakan menyebut ada dua partai besar yang kini dalam ancaman. Sebab, keduanya berpeluang tidak lolos ‘Parliamentary Threshold’.

“PPP dan PAN berpotensi tidak lolos,” kata Fernando, kemarin.

Fernando mengatakan, PPP sudah kehilangan beberapa tokohnya karena terjerat korupsi. Hal itu akan membuat pengaruh cukup besar dengan perolehan suara.

Sementara, PAN juga kehilangan salah satu tokoh besarnya. Seperti informasi beredar, bahwa salah satu tokoh pendiri PAN, Amien Rais, justeru membentuk partai baru.

“Itu, sangat berdampak pada perolehan suara Pemilu 2024,” katanya.

Meski demikian, masih ada waktu yang cukup bagi partai politik untuk bertarung pada 2024. Masyarakat masih menanti aksi dan kerja nyata partai politik di tengah pandemi.

Jadi, menurut Fernando, jangan hanya mengharap dukungan dan simpatik publik jelang pemilu saja. “Akan tetapi, mulailah mendekat saat ini. Apalagi masyarakat sedang berjuang melawan pandemi,” katanya.

Survei PAN dan PPP

Seperti berota sebelumnya, dalam survei New Indonesia Research & Consulting, PAN memeroleh angka 1,2 persen. Perolehan tersebut kalah dari Partai Ummat ‘besutan’ Amien Rais dengan perolehan 1,7 persen.

Ada pun, PPP hanya meraih angka 2,0 persen.

BACA JUGA | Survei Y-Publica: PDI Perjuangan Masih yang Teratas

Survei itu berlangsung pada 21-31 Juli 2021 dan terlaksana melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden yang terpilih acak. Ada pun, margin of error sekitar 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

sumber | fajar.co.id

Related posts

Leave a Comment